SEMANGAT MENGEJAR IMPIAN

SEMANGAT MENGEJAR IMPIAN
BELAJAR MANAJEMEN

Hasil karya kiki mey

Minggu, 09 Mei 2010

pertanyaan - pertanyaan kuis manajemen pemasaran


pertanyaan - pertanyaan kuis manajemen pemasaran


Nama : kiki mey santamariana

Kelas : 2 ea06

Npm : 11208525

Study : manajemen pemasaran

Dosen : Muhammad yunanto

1. Bagaimanakah pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran?

2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?

3. Bagaimana proses penelitian pemasaran?

4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?

5. Apakah faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen?

6. Apakah variabel psikologis, variabel sosial, kondisi pada saat membeli yang

berkontribusi pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?

7. Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?

8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang

memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?

Soal dan jawaban :

1.Bagaimanakah pendekatan ilmiah dakam penelitian pemasaran?
Jawab :
Penelitian yang Sistematis, Objektif, Informatif, dan Keputusan manajemen.
Reductionism adalah pendekatan yang mereduksi komplesitas permasalahan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah diamati dan diteliti.

Pendekatan analitikal adalah nama lain dari reductionism, yaitu mencoba untuk mencari unsur-unsur yang menjelaskan fenomena tersebut dengan hukum sebab akibat.

Asumsi dari reductionism ini adalah bahwa fenomena keseluruhan dapat dijelaskan dengan mengetahui fenomena dari unsur-unsurnya. Ada satu istilah yang sering digunakan dalam hal ini, yaitu keseluruhan adalah merupakan hasil penjumlahan dari unsur-unsurnya.

Oleh karena itu, berfikir linier adalah juga merupakan nama lain dari reductionism.

2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?
Jawab:
Yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran :
- Scientifik (ilmiah) : Analisi Pasar, Riset Pasar.
- Descriptif(objek) : Data, Informasi.

3. Bagaimana proses penelitian pemasaran?
Jawab:
Proses penelitian pemasaran:
a) Analisis situasi dan system informasi,
b) Maksud penelitian dan identifikasi masalah,
c) Tujuan penelitian,
d) Estimasi nilai informasi penelitian, dan
e) Rancangan penelitian.

4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?
Jawab:
Karakteristik jenis data dibagi menjadi dua, yaitu:
1.) Data primer : Ordinal, Nominal, Inteval, dan Ratio.
2.) Data sekunder : Sudah diolah, dan Tingkat harga.

5. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen?
Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen:
a) Faktor personal :
Motivasi, Persepsi, Pemahaman, Kepercayaan, Sikap, dan Kepribadian seseorang.
b) Faktor social :
• Aspek kultur, Subkultur, Klas social, Kelompok referensi, Kelompok referensi, Keluarga,
Peran dan status.

6. Apakah variable psikologis, variable social, kondisi pada saat membeli yang berkontribusi
pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?
Jawab:
Ya. Karena dengan adanya variabel psikologis, social, ataupun kondisi, seseorang akan
dapat dengan mudah berkonsentrasi dalam hal ini pemecahan masalah untuk mengambil
keputusan apakah membeli atau tidak.

7. Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?
Jawab :
Pembentukan homogenitas pasar konsumen:
• Geografis : (Wialyah, Pemukiman, dan Perkotaan)
• Demografis : (Usia, Jenis kelamin, Pendapatan, Pendidikan, dan Pekerjaan)
• Psikografis : (sifat, motifasi, persepsi dsb)
• Kebiasaan : (membeli atau mengkonsumsi).

8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang
memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?
Jawab :
a) Proses segmentasi bagi calon pembeli dapat dilihat dari factor :
Geografis (wilayah, pemukiman, perkotaan dsb)
b) Pasar dapat dibedakan menurut waktu atau batas daerah:
Demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan dsb)
c) Pemasaran dapat dibedakan menurut perbidaan misalnya, usia perilaku pasar anak – anak
berbeda dengan dewasa:
Psikografis (sifat, motifasi, persepsi dsb)
Pasar dapat dibedakan menurut sikap konsumen terhadap barang tertentu kebiasaan:
Membeli dan mengkonsumsi

Pendekatan atribut yang mempengaruhi keputusan membeli diantaranya :
- harga
- promosi
- produk
- motifasi
- sosial – budaya
- peranan dan status
- persepsi
- pemahaman
- kepercayaan
- sikap
- kepribadian
- kelas sosial

pertanyaan - pertanyaan kuis manajemen pemasaran



Nama : kiki mey santamariana

Kelas : 2 ea06

Npm : 11208525

Study : manajemen pemasaran

Dosen : Muhammad yunanto


Pertanyaan-pertanyaan kuis Manajemen Pemasaran :



1. Bagaimanakah pendekatan ilmiah dalam penelitian pemasaran?

2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?

3. Bagaimana proses penelitian pemasaran?

4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?

5. Apakah faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen?

6. Apakah variabel psikologis, variabel sosial, kondisi pada saat membeli yang

berkontribusi pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?

7. Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?

8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang

memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?

Soal dan jawaban :

1.Bagaimanakah pendekatan ilmiah dakam penelitian pemasaran?
Jawab :
Penelitian yang Sistematis, Objektif, Informatif, dan Keputusan manajemen.
Reductionism adalah pendekatan yang mereduksi komplesitas permasalahan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah diamati dan diteliti.

1. Pendekatan analitikal adalah nama lain dari reductionism, yaitu mencoba untuk mencari unsur-unsur yang menjelaskan fenomena tersebut dengan hukum sebab akibat.

2. Asumsi dari reductionism ini adalah bahwa fenomena keseluruhan dapat dijelaskan dengan mengetahui fenomena dari unsur-unsurnya. Ada satu istilah yang sering digunakan dalam hal ini, yaitu keseluruhan adalah merupakan hasil penjumlahan dari unsur-unsurnya.

Oleh karena itu, berfikir linier adalah juga merupakan nama lain dari reductionism.

2. Apakah yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran?
Jawab:
Yang mendukung sumber-sumber informasi pemasaran :
- Scientifik (ilmiah) : Analisi Pasar, Riset Pasar.
- Descriptif(objek) : Data, Informasi.

3. Bagaimana proses penelitian pemasaran?
Jawab:
Proses penelitian pemasaran:
a) Analisis situasi dan system informasi,
b) Maksud penelitian dan identifikasi masalah,
c) Tujuan penelitian,
d) Estimasi nilai informasi penelitian, dan
e) Rancangan penelitian.

4. Apakah klasifikasi karakteristik jenis data?
Jawab:
Karakteristik jenis data dibagi menjadi dua, yaitu:
1.) Data primer : Ordinal, Nominal, Inteval, dan Ratio.
2.) Data sekunder : Sudah diolah, dan Tingkat harga.

5. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen?
Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian konsumen:
a) Faktor personal :
Motivasi, Persepsi, Pemahaman, Kepercayaan, Sikap, dan Kepribadian seseorang.
b) Faktor social :
Aspek kultur, Subkultur, Klas social, Kelompok referensi, Kelompok referensi, Keluarga,
Peran dan status.

6. Apakah variable psikologis, variable social, kondisi pada saat membeli yang berkontribusi
pada pemecahan masalah keputusan pembelian personal?
Jawab:
Ya. Karena dengan adanya variabel psikologis, social, ataupun kondisi, seseorang akan
dapat dengan mudah berkonsentrasi dalam hal ini pemecahan masalah untuk mengambil
keputusan apakah membeli atau tidak.

7. Bagaimana marketer membentuk homogenitas pasar konsumen?
Jawab :
Pembentukan homogenitas pasar konsumen:
• Geografis : (Wialyah, Pemukiman, dan Perkotaan)
• Demografis : (Usia, Jenis kelamin, Pendapatan, Pendidikan, dan Pekerjaan)
• Psikografis : (sifat, motifasi, persepsi dsb)
• Kebiasaan : (membeli atau mengkonsumsi).

8. Bagaimana proses segmentasi bagi calon pembeli dan pendekatan atribut yang
memengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli?
Jawab :
a) Proses segmentasi bagi calon pembeli dapat dilihat dari factor :
Geografis (wilayah, pemukiman, perkotaan dsb)
b) Pasar dapat dibedakan menurut waktu atau batas daerah:
Demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan dsb)
c) Pemasaran dapat dibedakan menurut perbidaan misalnya, usia perilaku pasar anak – anak
berbeda dengan dewasa:
Psikografis (sifat, motifasi, persepsi dsb)
Pasar dapat dibedakan menurut sikap konsumen terhadap barang tertentu kebiasaan:
Membeli dan mengkonsumsi

Pendekatan atribut yang mempengaruhi keputusan membeli diantaranya :
- harga
- promosi
- produk
- motifasi
- sosial – budaya
- peranan dan status
- persepsi
- pemahaman
- kepercayaan
- sikap
- kepribadian
- kelas sosial